KTSP




KURIKULUM
SMP NEGERI 1 PURBALINGGA
RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI)
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Disusun Oleh :

Tim RSBI SMP Negeri 1 Purbalingga

PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 PURBALINGGA

Jalan Kapten Piere Tendean Nomor 8 Kotak Pos 194 Purbalingga 53313
Telepon (0281) 891089, 7606469 Faksimili (0281) 892918
E-mail : smpn1purbalingga@yahoo.co.id Website : http://www.smpn1purbalingga.sch.id

 

KATA PENGANTAR

Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Perwujudannya adalah peningkatan mutu dan kwalitas pendidikan yang dirancang dalam perangkat kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan ajar dan metode yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan proses belajar mengajar (PBM) untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakanterobosan baru bagi dunia pendidikan Indonesia, dimana Satuan Pendidikan diberikan otonomi untuk menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kondisi sekolah, wilayah dan harapan ataupun visi berdasarkan hukum yang berlaku.

SMP Negeri 1 Purbalingga merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) mempunyai kurikulum standar nasional pendidikan (SNP) + X. Pengembangan Kurikulum ini terdiri daristandarnasional pendidikan yang diperkaya, diperkuat, diperluas, dan diperdalam dengan mengadopsi kurikulum dari OECD dan negara maju lainnya. Adobsi ini berupa isi, SKL, metode, proses dan penilaiannya. Jadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional merupakan sekolah dengan standar yang lebih tinggi disegalaaspek yang lebih menekankanpada aspek intensitas dan kualitaslayanan pendidikan secara efektif, profesional, dan khas guna mencapai keunggulan di forum internasional.

Melalui buku KTSP ini diharapkan pihak-pihak terkaitdalam pengelolaan sekolah dapat memahami dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya seluruhproses kegiatan mulai dari persiapan rencana, pelaksanaan, sampai dengan monitoring dan pelaporan.

Dengan terbitnya buku KTSP ini, kami mengharapkan agar semua pihak terkait, mempelajari dengan seksama dan menjadikannya sebagai pedoman serta acuan dalam pelaksanaanseluruh program atau kegiatan pendidikan pada SMP Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2011/2012.

 

 

Purbalingga,Juli 2011
Tim Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN

A. Rasional Kurikulum RSBI SMP Negeri 1 Purbalingga

Kurikulum Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP Negeri 1 Purbalingga adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan ajar dan metode yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan proses belajar mengajar (PBM) untuk mencapai tujuan pendidikan.

RintisanSekolahBertarafInternasional (RSBI) merupakan sekolah yang diharapkan sudah memenuhi seluruh standar nasional pendidikan yang diperkaya dan dikembangkan dengan mengacu pada standar pendidikan lembaga internasional dan/atau negara maju sehingga memiliki daya saing di forum internasional.

Pengembangan RintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI) dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing bangsa Indonesia di forum internasional. Pengembangan Kurikulum RSBI-SMP Negeri 1 Purbalingga terdiri daristandar nasional pendidikan yang diperkaya, diperkuat, diperluas, dan diperdalam dengan mengadopsi kurikulum dari salah satu atau lebih negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) atau negara maju lainnya berupa isi, SKL, metode, proses dan penilaiannya.

Pada hakikatnya, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional merupakan sekolah dengan standar yang lebih tinggi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan yang ditunjukkan dengan penyelenggaraan pendidikan beserta segala aspek pendukungnya dengan lebih menekankan pada aspek intensitas dan kualitas layanan pendidikan yang ditata secara efektif, profesional, dan khas guna mencapai keunggulan di forum internasional.

  1. Menggunakan bahasa pengantar dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara aktif dalam pembelajaran;
  2. Menggunakan Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran;
  3. Sekolah Bertaraf Internasional atau ke Sekolah Bertaraf Internasional;
  4. Menggunakan kurikulum sekolah yang mengacu pada Standar isi dan Kompetensi lulusan yang diperkaya dengan kerangka kurikulum negara maju, bertaraf internasional, atau berbagai sumber lainnya;
  5. Melakukan inovasi-inovasi di bidang pengelolaan sekolah dan proses pembelajaran untuk menciptakan lulusan yang dapat bersaing secara global;
  6. Menerapkanprinsip-prinsipkepemimpinansekolah yang visioner transformatif yaitu kepemimpinan yang memiliki visi perubahan ke masa depan;
  7. Memiliki sumberdaya manusia yang profesional dan tangguh, baik guru maupun kepala sekolah dan tenaga pendukungnya;
  8. Didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap, edukatif, relevan, mutakhir, dan canggih yang bertaraf internasional;
  9. Mengakomodasi isu-isu internasional mengenai budaya sekolah, gender, lingkungan, multikultur, dan hak azasi manusia;
  10. Memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk dapat bermasyarakat secara internasional melalui berbagai macam kegiatan antara lain pertukaran pelajar dan home stay.

B. Landasan

  1. Undang-Undang Dasar 1945
  2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 (UUSPN)
  3. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004: Pemerintahan Pusat dan Daerah
  4. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004: Kewenangan Pemerintah (Pusat) dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000: Program Pembangunan Nasional
  5. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005: Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan.
  7. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006: Standar Isi
  8. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006: Standar Kompetensi Lulusan
  9. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006: Implementasi Kepmendiknas Nomor 22 dan 23 Tahun 2006
  10. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 78 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

C. Tujuan Penyusunan Kurikulum

  1. Mempunyai dokumen KTSP RSBI SMP Negeri 1 Purbalingga
  2. Sebagai pedoman langkah-langkah untuk tercapainya tujuan pendidikan
  3. Sebagai pedoman penyelenggaraan proses belajar mengajar (PBM) di SMP Negeri 1 Purbalingga
  4. Sebagai dasar pelaksanaan program kegiatan RSBI di SMP Negeri 1 Purbalingga
  5. Sebagai pengembangan SI dan SKL, metode, proses, monev SMP Negeri 1 Purbalingga

D. Prinsip Pengembangan Kurikulum RSBI

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungan secara nasional maupun internasional.
  2. Beragam dan terpadu
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  4. Relevan dengan kebutuhan hidup
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
  8. Mampu bersaing di dunia Internasional

BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN, VISI DAN MISI SEKOLAH

A. Pendidikan SMP Negeri 1 Purbalingga

B. Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

C. Tujuan Institusional

Tujuan institusional adalah untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

D. Visi Sekolah

Share

Comments are closed.

Switch to our mobile site